Talentap.id
Beranda Career Preparation Lowongan Posisi Analyst Update 24 Mei 2025

Lowongan Posisi Analyst Update 24 Mei 2025

Business Intelligence Analyst, PT Bank Digital BCA (BCA Digital), Hybrid, Internship

PT Bank Digital BCA, atau dikenal sebagai BCA Digital, adalah anak perusahaan dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang didirikan pada tahun 2020. Perusahaan ini merupakan hasil transformasi dari PT Bank Royal Indonesia yang diakuisisi oleh BCA pada akhir 2019. BCA Digital berfokus pada penyediaan layanan perbankan digital tanpa kantor cabang (branchless), memanfaatkan teknologi untuk memberikan kemudahan akses dan pengalaman perbankan yang optimal bagi nasabah.

Sebagai bagian dari inovasinya, BCA Digital meluncurkan aplikasi perbankan digital bernama blu pada 2 Juli 2021. Aplikasi ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan generasi muda yang terbiasa dengan transaksi digital. Beberapa fitur unggulan dari blu meliputi:

  • bluAccount: Pembukaan rekening secara online tanpa perlu ke kantor cabang.
  • bluSaving: Memungkinkan nasabah membuat hingga 20 sub-rekening untuk pengelolaan keuangan yang lebih teratur.
  • bluGether: Fitur tabungan bersama yang dapat digunakan oleh hingga 49 orang, cocok untuk keperluan kelompok atau komunitas.
  • bluDeposit: Produk deposito berjangka dengan suku bunga kompetitif dan fleksibilitas dalam penambahan dana.
  • bluBisnis: Rekening khusus untuk pelaku usaha agar dapat memisahkan keuangan pribadi dan bisnis.

blu by BCA Digital membuka kesempatan bagi mahasiswa atau fresh graduate yang ingin meniti karier di dunia perbankan digital sebagai Business Intelligence Analyst Intern.

Sebagai intern di tim Business Intelligence, kamu akan:

  • Mengelola, menganalisis, dan menyediakan laporan dari seluruh program bisnis yang sedang berjalan.
  • Mengidentifikasi dan menafsirkan tren atau pola dalam kumpulan data yang kompleks.
  • Menyampaikan insight dan rekomendasi berdasarkan tren bisnis kepada tim lain untuk mendukung pengembangan strategi dan program.
  • Melakukan analisis perilaku pelanggan guna merancang promosi dan kampanye yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Membantu merumuskan strategi bisnis dan anggaran bersama tim lain agar penggunaan anggaran berjalan efektif dan efisien.

Kualifikasi yang Dibutuhkan

  • Memiliki minat besar pada industri perbankan.
  • Pengalaman menggunakan SQL dan Python akan menjadi nilai tambah.
  • Memahami konsep data warehouse.
  • Mampu melakukan visualisasi data menggunakan tools seperti Power BI atau Tableau adalah keunggulan tambahan.
  • Memiliki kemampuan berpikir kritis dan dapat merumuskan permasalahan secara logis.
  • Pengalaman magang sebelumnya akan menjadi nilai plus, namun tidak wajib.

Mengapa Magang di blu?

  • Terlibat langsung dalam proyek strategis di bank digital yang sedang berkembang pesat.
  • Bekerja lintas tim dengan tim marketing, produk, dan teknologi.
  • Lingkungan kerja startup-style dengan dukungan dan standar profesional dari grup BCA.
  • Peluang untuk memperluas wawasan di bidang data, bisnis, dan digital banking.

Jika kamu tertarik untuk posisi ini kamu bisa mengirim lamaran di link berikut ini

E-Commerce Data Analyst, Facetology, WFO, Fulltime

Facetology Innovation & Technology adalah startup lokal yang didirikan pada tahun 2022 dan berbasis di Jakarta. Perusahaan ini berkomitmen untuk mengubah industri kecantikan dan perawatan pribadi di Indonesia dengan memberdayakan setiap individu untuk menerima kecantikan alami mereka dan meningkatkan kepercayaan diri. Dengan mengembangkan produk inovatif, Facetology bertujuan untuk menjadi salah satu perusahaan terdepan di bidang ini.

Facetology menekankan pentingnya kepercayaan pada kemampuan transformasional tim mereka. Mereka membangun budaya di mana kreativitas, keahlian, dan semangat bersatu untuk memenuhi berbagai kebutuhan konsumen di seluruh Indonesia. Dengan komitmen yang teguh terhadap kualitas dan inovasi, Facetology bertujuan untuk menetapkan tolok ukur baru dalam industri ini.

Facetology menawarkan berbagai produk perawatan kulit yang diformulasikan untuk merawat kulit secara optimal. Beberapa produk unggulannya antara lain

  • Triple Care Sunscreen SPF 40 PA+++: Sunscreen viral dengan formula ringan, aman untuk kulit sensitif, dan tidak meninggalkan white cast.
  • Triple Care Ceramoist: Pelembap dengan 8X Ceramide untuk memperbaiki skin barrier wajah, menghidrasi, dan menenangkan kulit.
  • Triple Care ExfoLiquid: Exfoliator dengan kombinasi exfoliating acids, Retinol, dan Azeclair, menggunakan teknologi SKINPERF LWG.
  • Facial Gel Cleanser: Pembersih wajah dengan pH rendah yang mampu membersihkan hingga ke dalam pori tanpa membuat kulit kering atau iritasi.
  • Micellar Water: Pembersih lembut tanpa bilas yang mampu membersihkan kotoran, riasan, dan minyak hanya dalam satu kali usap, aman untuk kulit sensitif dan berjerawat.

Bergabung dengan FACETOLOGY berarti menjadi bagian dari brand kecantikan yang dinamis dan berkembang pesat. Kami berorientasi pada manusia (human-centric) dengan tujuan utama meningkatkan kualitas hidup melalui produk-produk kami.

Sebagai E-Commerce Data Analyst, kamu akan:

  • Memantau performa brand, menganalisis data dan performa penjualan untuk mengidentifikasi tren, peluang, dan area yang perlu ditingkatkan.
  • Mengumpulkan data dari berbagai platform e-commerce, alat analitik, dan database internal.
  • Membuat dashboard dan laporan rutin menggunakan Business Intelligence tools seperti Tableau, Power BI, atau Looker.
  • Menyampaikan insight yang ditemukan kepada tim lintas fungsi seperti marketing dan sales untuk mendukung pengambilan keputusan strategis.

Kualifikasi yang Dibutuhkan

  • Minimal 1–2 tahun pengalaman di posisi E-Commerce Data Analyst, E-Commerce Insight Analyst, atau posisi serupa, lebih disukai dari industri marketplace atau brand kecantikan.
  • Memahami berbagai metrik penting di marketplace dan mampu memberikan analisis serta rencana aksi berdasarkan data.
  • Memiliki perhatian tinggi terhadap detail dan kemampuan pemecahan masalah yang baik.

Terbiasa menggunakan tools analisis data seperti:

  • Microsoft Excel
  • Looker
  • Python
  • Tableau
  • MySQL

Jika kamu tertarik untuk posisi ini kamu bisa mengirim lamaran di link berikut ini


Analyst, Research and Development, Apical, WFO, Fulltime 

Apical Group Limited adalah perusahaan pengolahan minyak nabati yang berkantor pusat di Singapura dan merupakan bagian dari Royal Golden Eagle (RGE) Group, yang didirikan oleh Sukanto Tanoto. Apical mengkhususkan diri dalam pemurnian minyak sawit berkelanjutan, oleokimia, lemak fungsional, dan solusi energi terbarukan.

Apical memiliki aset terintegrasi di lokasi strategis di Indonesia, China, dan Spanyol, serta melalui usaha patungan dan kemitraan strategis di Brasil, India, Pakistan, Filipina, Timur Tengah, Afrika, Amerika Serikat, dan Vietnam.

Perusahaan ini mengoperasikan berbagai fasilitas, termasuk:

  • 8 kilang
  • 4 pabrik biodiesel
  • 4 pabrik oleokimia
  • 3 pabrik penghancur inti sawit

Apical menawarkan berbagai produk berbasis minyak sawit, termasuk:

  1. Oleokimia: Asam lemak, sabun, gliserin untuk aplikasi industri dan konsumen.
  2. Lemak Fungsional & Spesial: Minyak goreng, margarin, shortening untuk industri makanan dan roti.
  3. Energi Terbarukan: Biodiesel dan Sustainable Aviation Fuel (SAF) untuk mendukung solusi energi bersih.

Tentang Pekerjaan


Kamu sedang dalam perjalanan untuk bergabung dengan perusahaan yang dinamis dan berkontribusi dalam kisah sukses kami untuk meningkatkan kualitas hidup melalui pengelolaan sumber daya yang berkelanjutan. Di sini, kamu akan bekerja di lingkungan yang penuh tantangan dan dinamis serta dibekali pengetahuan dan pengalaman yang akan memperkaya perjalanan karir mu.

Dalam peran ini, kamu akan menjalankan tanggung jawab sebagai berikut:

  • Membantu dalam pelaksanaan proyek penelitian sesuai dengan metode ilmiah, prinsip, dan teori yang telah ditetapkan untuk memecahkan masalah.
  • Mengembangkan, menyempurnakan, atau menciptakan produk baru, komponen, peralatan, sistem, dan proses.
  • Aktivitas bisa meliputi:
    • Merancang metode riset
    • Menyiapkan peralatan uji laboratorium
    • Membangun model atau prototipe
  • Melakukan perhitungan dan analisis hasil uji, serta menyusun laporan rinci dengan rekomendasi dan kesimpulan.
  • Menyiapkan perhitungan teknis, spesifikasi, dan dokumentasi teknis lainnya yang dibutuhkan agar desain prototipe dapat diproduksi dan dirakit.

Catatan Penting (Disclaimer)

  1. Dengan mengirimkan CV dan data pribadi, kamu memberikan izin kepada Apical untuk menyimpan informasi tersebut dalam database rekrutmen.
  2. Seluruh informasi akan digunakan hanya untuk keperluan proses rekrutmen dan sesuai dengan hukum yang berlaku.
  3. Hanya kandidat yang terpilih yang akan dihubungi untuk proses wawancara.
  4. Jika tidak ada kabar dalam 60 hari, maka kamu dapat menganggap bahwa lamaranmu belum berhasil, namun datamu mungkin akan digunakan untuk peluang kerja lain di masa depan yang sesuai dengan kualifikasimu.

Jika kamu tertarik untuk posisi ini kamu bisa mengirim lamaran di link berikut ini


Business Intelligence Specialist (Mid), Tiket.com, Hybrid, Fulltime

Tiket.com didirikan pada tahun 2011 oleh PT Global Tiket Network dan menjadi salah satu OTA pertama di Indonesia. Perusahaan ini menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat, kereta api, hotel, sewa mobil, tiket acara, serta berbagai kebutuhan perjalanan lainnya melalui situs web dan aplikasi seluler.

Pada tahun 2017, Tiket.com diakuisisi sepenuhnya oleh Blibli, perusahaan e-commerce milik Djarum Group. Sejak 2021, Tiket.com menjadi anak perusahaan konsolidasi Blibli, yang kini merupakan bagian dari ekosistem omnichannel “Blibli Tiket” bersama Ranch Market.

Visi dan Misi

Visi Tiket.com adalah menjadi OTA paling berorientasi pada konsumen (consumer-centric). Misi perusahaan adalah menyederhanakan pariwisata melalui teknologi dan menjadikan Indonesia sebagai negara yang sejahtera melalui sektor pariwisata.

Tiket.com menawarkan berbagai layanan, termasuk:

  1. Pemesanan tiket pesawat dari lebih dari 80 maskapai domestik dan internasional.
  2. Reservasi lebih dari 2 juta properti akomodasi di dalam dan luar negeri.
  3. Pemesanan tiket kereta api, sewa mobil di lebih dari 50 kota di Indonesia, serta tiket acara dan atraksi.
  4. Fitur “Flexi” yang memungkinkan konsumen memesan akomodasi dengan fleksibilitas dalam mengubah tanggal menginap.

Tentang Pekerjaan
Tiket.com percaya kamu juga pasti tidak suka ketika aplikasi perjalanan malah bikin pusing, kan? Sedikit informasi yang salah bisa merusak seluruh perjalanan. Nah, hal inilah yang sedang diperjuangkan oleh tim Tiket.com, memastikan lebih dari 50 juta pengguna bisa menikmati pengalaman terbaik dalam merencanakan petualangannya.

Sebagai Business Intelligence (BI) Specialist, kamu akan bertanggung jawab dalam melakukan analisis dan desain pemodelan data dengan menggunakan data yang dikumpulkan dari data warehouse terpusat atau dari berbagai database di seluruh organisasi.

Ini adalah peran yang menggabungkan hard skills seperti pemrograman, pemodelan data, dan statistik dengan soft skills seperti komunikasi, berpikir analitis, dan pemecahan masalah. Kandidat perlu memiliki latar belakang yang seimbang antara teknologi dan pemahaman bisnis.

Tugas Utama Kamu di Tiket.com

  1. Meninjau dan memvalidasi data.
  2. Mengumpulkan kebutuhan pelaporan dan dashboard dari pengguna akhir.
  3. Menyediakan analisis, insight, laporan, data mart, dan tools untuk mendukung tim bisnis.
  4. Mengeksplorasi berbagai dataset untuk menghasilkan insight, kesimpulan, dan rekomendasi.
  5. Membangun dan memelihara data mart dan dashboard untuk melacak OKR dan inisiatif bisnis.
  6. Mengidentifikasi peluang produk atau bisnis, serta mendukung pertumbuhan melalui eksperimen dan rekomendasi berbasis data.

Persyaratan yang Wajib Dipenuhi

  1. Minimal 3 tahun pengalaman sebagai BI atau Data Analyst.
  2. Keterampilan komunikasi, presentasi, dan interpersonal yang sangat baik.
  3. Mampu bekerja secara tim maupun mandiri.
  4. Kemampuan analisis dan pemecahan masalah yang kuat.
  5. Mampu mengelola dan memprioritaskan tugas harian dengan orientasi pada hasil.
  6. Menguasai SQL dan tools visualisasi data seperti Tableau atau Google Data Studio.
  7. Pemahaman yang baik tentang statistik deskriptif dan inferensial (misalnya uji hipotesis: t-test, ANOVA, dll).
  8. Pengalaman praktis menggunakan bahasa pemrograman seperti Python, Shell, serta Python atau R untuk analisis statistik.

Catatan Tambahan

  • Jika kamu belum menerima update dalam waktu 3 minggu setelah melamar, datamu akan tetap disimpan dan mungkin akan dihubungi untuk kesempatan karier lainnya.
  • Kalau kamu punya latar belakang di bidang data dan ingin bergabung di perusahaan teknologi yang bergerak cepat dan berdampak besar, posisi ini sangat cocok untukmu!

Jika kamu tertarik untuk posisi ini kamu bisa mengirim lamaran di link berikut ini

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan